Ngetrip Asyik

KAMPUNG TERATAI

Satu lagi destinasi wisata baru di Kab. Ciamis yang sayang untuk dilewatkan. Kampung Teratai namanya. Lokasinya berada di Jalan Bojong Salawe Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis.

Rupanya tulisan itu sekedar slogan saja, kenyataannya kendaraan memenuhi lapangan parkir yang tidak cukup luas untuk dapat menampung pengunjung. Sebagian harus parkir di pinggir jalan. Tiket masuk ke sana sebesar 5rb/orang ditambah biaya parkir 5rb untuk mobil dan 2rb untuk motor. Setelahnya kita bisa ambil foto sepuasnya di setiap spot dengan gratis.🎋

Untuk sampai di tempat ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota. Begitu tiba di sana, saya mendapati spanduk yang bertuliskan “Kawasan ditutup tanggal 5-31 Desember 2020 karena sedang dalam pengembangan”.

Untuk masuk area Kampung Teratai kita harus berjalan sekitar 50 meter melewati pematang yang sudah disulap menjadi beton dan anyaman bambu warna warni. Kanan kiri diapit sawah dan kolam. Ucapan “Selamat datang di Kampung Teratai” bisa kita temui di dinding kolam terbesar yang ada di sana. Menuju saung² yang tempatnya ada di atas bukit, kita akan menjumpai dua kolam yang ditumbuhi Bunga Teratai. Satu kolam dengan Gazebo di atasnya, kita bisa melihat banyak ikan mas di sana.

Satu kolam lagi terdapat perahu dari bambu yang dipenuhi ornamen lampion juga payung geulis sebagai properti berfoto. Untuk mencapai perahu kita harus melewati beberapa pijakan seperti di Benteng Takeshi. Yang suka air, bisa main sepeda air. Cukup bayar 5rb untuk 3x putaran, kita sudah bisa puas bersepeda. Sayang, bukan sepeda air yang berbentuk angsa, jadi untuk balita tidak disarankan menaikinya. Gantinya ada ayunan yang bisa digunakan untuk si kecil. Untuk spot foto, ada lorong payung geulis yang dibiarkan bergantung atau lorong dengan lampion dan payung warna merah menyala.

🎋Jika ditata dan dikelola dengan baik, serta tiketnya tidak jadi mahal, Kampung Teratai bisa menjadi salah satu andalan pariwisata Kabupaten Ciamis.

Selain tiket masuk yang affordable, lokasinya juga sangat strategis.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *